3 Cara Booting ke Safe Mode di Windows 11 - Almaftuchin Blog

3 Cara Booting ke Safe Mode di Windows 11

3 Cara Booting ke Safe Mode di Windows 11

 


Apakah ada yang aneh di Windows Kamu? Tidak masalah, kami akan mengerti. Lagi pula, untuk semua peningkatannya selama dekade terakhir, OS Windows tidak kebal dari bug yang tiba-tiba.


Mem-boot Windows Kamu ke safe mode mungkin dapat membantu Kamu mengatasi masalah tersebut. Dalam artikel singkat ini, kami membahas cara terbaik untuk melakukannya. Jadi mari selami.


Bagaimana cara mem-boot dalam safe mode di Windows 11?

Safe mode adalah cara untuk mem-boot PC Kamu dengan sedikit driver dan program. Ide dasar di balik konsep ini adalah: Jika masalah tidak berlanjut dalam safe mode, maka driver dan pengaturan default Kamu mungkin baik-baik saja, dan bug terletak di tempat lain.


Dengan kata lain, mem-boot Windows 11 Kamu  dalam safe mode membantu Kamu  mengasah denyut nadi masalah yang mendasarinya, atau setidaknya membuang kecurigaan dari tersangka yang biasa. Sekarang, Kamu dapat mem-boot PC Kamu ke safe mode dengan dua cara: Kamu dapat menggunakan Safe mode, atau memilih safe mode di Jaringan. Apa perbedaan antara keduanya? Tidak banyak. Dalam Safe Mode with Networking, Kamu cukup menyimpan driver yang diperlukan untuk mengakses internet.Jadi dengan itu, mari masuk ke metode yang tepat untuk mem-boot PC Kamu dalam safe mode.


1. Melalui Start Menu

Ditempatkan tepat di tengah layar Kamu, menu Start adalah cara tercepat untuk mem-boot Windows 11 Kamu dalam safe mode. Begini caranya:

  1. Klik tombol Start Menu dan, sambil menahan tombol Shift, klik Restart.
  2. PC Kamu akan restart.
  3. Pada layar berikutnya, klik Troubleshoot > Advanced options > Startup Settings.
  4. Kamu akan dibawa ke menu Startup Settings. Dari sini, klik tombol Restart dari sudut kanan bawah.
  5. Terakhir, pilih jenis safe mode yang ingin Kamu gunakan. Sesuai petunjuk di layar, tekan F4, F5, atau F6.
Segera setelah Kamu  melakukannya, Windows 11 Kamu akan di-boot ke safe mode.

2. Melalui Pengaturan Windows

Metode populer lainnya untuk boot ke Windows 11 adalah melalui aplikasi Setting. Begini caranya:

  1. Pertama, luncurkan aplikasi Setting dengan menekan tombol Windows + I secara bersamaan. Dari sana, buka tab System, dan pilih Recovery.
  2. Di bawah bagian Recovery options, klik Restart now sekarang. Kotak dialog akan terbuka untuk mengonfirmasi restart, klik Restart now untuk melanjutkan.
PC Kamu akan dihidupkan ulang dalam beberapa detik, dan sekali lagi akan boot ke opsi yang kita lihat di bagian pertama. Kamu juga harus mengikuti prosedur yang sama di sini.

3. Melalui Command Promt

Tidak dapat mem-boot Windows 11 Kamu dengan salah satu metode di atas? Jangan panik, ada solusi ramping yang dapat membantu Kamu  mem-boot Windows 11 Kamu dalam safe mode. Ya, ini adalah Command prompt yang sudah dikenal. Untuk mem-boot PC Kamu dalam safe mode melalui Command prompt, cukup ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pertama, luncurkan Command prompt. Buka Start, ketik "cmd", dan pilih yang paling cocok.
  2. Di cmd, ketik perintah berikut dan tekan Enter:
Shutdown.exe /r /o
Segera setelah Kamu menekan Enter, Kamu akan mendapatkan kotak dialog baru yang memberi tahu Kamu tentang reboot. Pada boot berikutnya, Kamu akan berada di layar pemecahan masalah lagi. Buka Troubleshoot > Advanced options > Startup Settings.

Dari sini, klik Restart dan klik F4, F5 atau F6, tergantung pada jenis safe mode yang ingin Kamu gunakan untuk boot.

Cara terbaik untuk mem-boot Windows 11 dalam safe mode 

Jadi ini adalah beberapa cara tercepat untuk boot ke safe mode di Windows 11 Kamu . Mempertimbangkan betapa bergunanya itu ketika Kamu ingin memecahkan masalah PC Kamu, akan bermanfaat untuk mengingat setidaknya satu dari metode ini. Semoga, Kamu berhasil mem-boot Windows Kamu  ke safe mode dengan salah satu metode ini.

Semoga bermanfaat.