Cara Mengembalikan Data atau FIle Yang Hilang - Almaftuchin Blog

Cara Mengembalikan Data atau FIle Yang Hilang

Cara Mengembalikan Data atau FIle Yang Hilang

 


Mencari cara untuk memulihkan informasi dari hard disk yang diformat, drive eksternal, pen-drive atau kartu memori? Tidak sengaja memformat atau mempartisi ulang disk? Tidak dapat mengakses disk dengan kesalahan sistem atau menerima pesan "This disk must be formatted"? Untuk memulai, download Hetman Partition Recovery atau Beli Lisensi.


Langkah 1: Pilih Drive untuk Pemulihan Data


Jika semuanya baik-baik saja dengan hard drive dan Anda hanya menghapus beberapa file, pilih huruf drive yang sesuai untuk memulai. Namun, jika Anda berurusan dengan disk yang diformat atau tidak dapat diakses, atau jika Anda memulihkan seluruh partisi, pilih perangkat fisik yang sesuai atau gunakan fungsi "Disk Search".


Virtual Drive Image

Virtual Drive Image sangat diperlukan jika Anda menginginkan pengalaman pemulihan yang paling aman. Dengan membuat gambar disk virtual, Anda akan menangkap konten seluruh disk atau partisi dalam satu operasi "read", menghindari pergerakan kepala disk yang berlebihan dan meminimalkan potensi risiko kehilangan data lebih lanjut. Dengan memulihkan data dari salinan informasi aktual, Anda akan bekerja dalam kondisi yang paling aman.


Membuat Drive Image

Untuk membuat image drive virtual, gunakan perintah Tools – Create Virtual Drive dari menu utama. Anda dapat menangkap konten seluruh media penyimpanan atau menggunakan opsi ahli, menentukan offset awal dan ukuran volume. Selain itu, Anda dapat memilih opsi kompresi untuk mengompresi konten disk yang diperoleh saat itu juga. Tentukan jalur lengkap ke gambar yang sedang dibuat, dan klik "Create".


Menggunakan Drive Image

Untuk menggunakan image drive untuk memulihkan data, gunakan perintah Tools – Mount Disk dari menu utama dan pilih file image. Alat ini akan secara otomatis menambahkan gambar ke daftar perangkat yang tersedia untuk pemulihan. Anda sekarang dapat memilih disk ini untuk analisis dan penemuan informasi yang dihapus. Perhatikan bahwa Anda dapat dengan mudah menggunakan gambar untuk memulihkan informasi di komputer yang berbeda dari yang digunakan untuk mengambil gambar.


Mencari Partisi yang Dihapus

Dalam kasus perangkat penyimpanan yang dipartisi ulang, rusak, dan tidak dapat diakses, Anda mungkin ingin menemukan volume (partisi) yang tersedia terlebih dahulu sebelum melakukan pemulihan yang sebenarnya. Pendekatan ini menghemat banyak waktu, dan umumnya mengembalikan hasil yang jauh lebih baik dengan menganalisis sistem file yang ditemukan selain konten tingkat rendah.


Untuk memulai pencarian partisi, pilih perangkat fisik di pohon folder dan gunakan perintah Alat – Temukan Partisi di menu utama. Jika Anda mengetahui sistem file mana yang digunakan pada perangkat, Anda dapat menentukan sistem file, serta perkiraan lokasi volume pada perangkat. Konfigurasi yang disarankan, bagaimanapun, adalah pencarian otomatis untuk semua sistem file yang didukung.


Secara default, sistem melakukan pemindaian cepat untuk partisi yang tersedia. Jika pemindaian cepat tidak menemukan volume tertentu, atau jika tidak ada partisi yang ditemukan, Anda dapat melakukan analisis komprehensif untuk menemukan lebih banyak volume. Semua partisi yang ditemukan ditambahkan ke dalam pohon folder, dan tersedia untuk analisis dan pemulihan lebih lanjut.


Pulihkan data hard disk virtual (hard disk mesin virtual)

Untuk memulihkan data dari hard disk virtual (hard disk mesin virtual), pilih Tools > Mount Disk dan tentukan path lengkap ke file disk.


Utilitas akan menambahkan disk virtual ke pohon folder, dan ini akan membuat daftar baru berjudul "Mounted Disk". Anda akan dapat memilihnya untuk analisis dan mencari file yang dihapus.


Pulihkan data dari sana sama seperti dari media lain (HDD eksternal atau internal, flash drive, atau kartu memori).


Langkah 2: Pilih Metode Analisis Disk


Alat ini dilengkapi dengan dua mode analisis. Mereka berbeda secara substansial, jadi ada baiknya mengetahui kekuatan dan kelemahan mereka sebelum memutuskan salah satu secara khusus.


Scan cepat

Dalam mode "Quick Scan", alat akan menyelesaikan analisis dalam hitungan detik. Dalam mode ini, Anda dapat dengan cepat memulihkan file yang dihapus seperti yang dihapus dengan Shift + Delete atau dihapus dari Recycle Bin baru-baru ini. Mode "Quick Scan" sangat cepat sehingga selalu layak dicoba sebelum beralih ke senjata besar: bahkan jika file tertentu tidak ditemukan dalam mode ini, analisisnya sangat cepat sehingga Anda hampir tidak menyadarinya. Mode "Quick Scan" hanya menangani catatan dalam sistem file dan tidak menyentuh permukaan disk yang sebenarnya, yang membuat mode ini sangat cepat tetapi kurang menyeluruh.


Full Analysis

Full analysis menggunakan algoritme sadar konten yang sangat cerdas yang memungkinkan pemulihan informasi tidak peduli mengapa, kapan, atau bagaimana informasi itu hilang. Anda membayar kecerdasan ini dengan kecepatan analisis yang berkurang: mode ini bisa sangat lambat, terutama pada disk yang lebih besar. Namun, jika Anda hanya harus mendapatkan data itu kembali, tidak ada apa pun di alam semesta ini yang dapat melakukan pekerjaan yang lebih baik. Full analysis memungkinkan pemulihan data dari disk yang diformat, hard drive yang dipartisi ulang, media penyimpanan yang tidak dapat dibaca dan tidak dapat diakses (jika masih berfungsi pada tingkat fisik). Mode analisis penuh melibatkan semua algoritme pemulihan data yang tersedia.


Simpan data analisis

Jika Anda memulihkan data dari disk berkapasitas tinggi dan Anda tidak memiliki kesempatan untuk menyelesaikan pemulihan data sekarang, maka Anda dapat menggunakan opsi «Simpan Informasi Analisis».


Untuk menyimpan informasi analisis disk, masuk ke menu File / Save Analysis Information, dan simpan file yang berisi data analisis (*.dai).


Untuk memuat informasi yang disimpan sebelumnya tentang analisis disk, buka menu File / Load Analysis Information, dan muat file yang berisi data analisis. Setelah itu, simpan data yang dipulihkan dari hard disk.


Langkah 3: Tunggu Proses Pemulihan File Selesai


Pada titik ini, alat sudah mencari file yang dapat dipulihkan. Anda dapat duduk dan bersantai. Alat ini akan menampilkan perkiraan waktu penyelesaian, dan mencantumkan jumlah disk, file, dan folder yang ditemukan. Tunggu hingga analisis selesai dan klik "Done".


Proses analisis

Setelah menyelesaikan analisis, alat akan menampilkan setiap file dan folder yang ditemukan pada disk. File akan ditampilkan di folder yang sesuai; jika Anda mengetahui jalur asli ke file yang dihapus tertentu, Anda dapat menemukannya di sana. File yang dihapus akan ditandai dengan "X" merah.


Alat ini dapat menampilkan file dalam salah satu dari banyak tampilan: tampilan daftar atau tabel, ubin, ikon besar atau kecil. Anda dapat dengan mudah mengurutkan file berdasarkan nama, ukuran, tanggal pembuatan, dll.


Setelah analisis selesai, Anda dapat menelusuri file berdasarkan nama, ukuran, tanggal pembuatan, atau modifikasi.


"$Lost and Found" "$Content-Aware Analysis"

Folder "$Lost and Found" berisi file dan folder yang tidak dapat ditempatkan dengan benar di struktur folder asli. Jika Anda tidak melihat file di tempat yang seharusnya, pastikan untuk memeriksa folder khusus ini – file tersebut mungkin hanya tersimpan di sana, menunggu untuk dipulihkan.


Analisis konten-sadar memungkinkan alat untuk menganalisis seluruh permukaan disk dan bukan hanya sistem file. File yang ditemukan dengan analisis konten-sadar akan ditempatkan ke folder "$Content-Aware Analysis". Analisis konten-sadar mengakses disk di tingkat rendah, mencocokkan informasi yang dibacanya dari disk dengan database komprehensif format file yang dikenal. Sebagai contoh, semua file PSD dimulai dengan tanda tangan «8B PS», yang memungkinkan untuk menemukannya bahkan jika sistem file tidak memiliki catatan apa pun dari file-file ini.


Daftar file

File dan folder yang tersedia untuk pemulihan ditampilkan di jendela yang terlihat sangat mirip dengan Windows Explorer. Anda dapat menelusuri file atau folder tertentu yang dihapus dengan menavigasi dengan cara biasa. Anda dapat memilih untuk memulihkan semua yang ditemukan atau hanya memulihkan file atau folder tertentu.


Pratinjau Pra-Pemulihan

Trik dengan pratinjau pra-pemulihan bukan hanya kemampuan untuk melihat apa yang ada di dalam file atau dokumen tertentu. Alat ini dapat menampilkan konten lebih dari 200 format termasuk gambar, arsip, dokumen, spreadsheet, dan bahkan file audio dan video tanpa memuat aplikasi pihak ketiga. Selain itu, apa yang Anda lihat selama pratinjau pra-pemulihan persis seperti yang akan Anda dapatkan setelah pemulihan. Jika Anda dapat melihat file dan terlihat baik-baik saja, maka dijamin akan dipulihkan dalam keadaan yang sama saat Anda mendaftarkan produk!


Memilih File untuk Dipulihkan

Jika Anda ingin menyimpan file dari folder tertentu, cukup navigasikan ke folder itu seolah-olah Anda menggunakan Windows Explorer. Pilih file-file yang akan Anda pulihkan dan luncurkan perintah FileRecover dari menu utama.


Saat memulihkan file dari beberapa folder, seret dan jatuhkan ke "Recovery Bin" di bagian kanan bawah jendela. Setelah selesai memilih file, klik tombol "Recover" yang terletak di sudut yang sama.


Langkah 4: Simpan Data yang Dipulihkan Dari Hard Drive


Pemulihan Partisi Hetman memungkinkan memilih opsi yang paling nyaman untuk menyimpan informasi yang dipulihkan. Ingat, Anda tidak dapat menyimpan data yang sedang dipulihkan ke disk yang sama dengan menyimpan file yang dihapus! Anda dapat memilih huruf drive lain atau perangkat lain, menggunakan flash drive USB, membakar CD atau DVD, atau membuat image ISO. Terkadang jumlah informasi terlalu besar untuk jenis media tersebut, jadi ada opsi untuk menggunakan lokasi jaringan jarak jauh atau mengunggah file ke server FTP.


Memulihkan ke Hard Drive

Ini adalah cara tercepat dan termudah. Untuk menyimpan data yang dapat dipulihkan ke disk, pastikan untuk memilih huruf drive yang berbeda atau perangkat fisik yang terpisah. Pilih lokasi pada disk tersebut untuk menyimpan file, dan tentukan apakah Anda ingin mengembalikan struktur folder asli dengan mencentang opsi yang sesuai. Jika Anda memilih lokasi jaringan seperti drive jaringan yang dipetakan, file akan secara otomatis diunggah ke server jaringan.


Perhatikan bahwa alat ini akan secara otomatis menyimpan NTFS Alternate Data Streams dan mengganti karakter yang hilang dalam nama file (khusus FAT).


Membuat ISO Image

Saat memulihkan informasi, Anda dapat memilih untuk membuat kumpulan gambar disk yang dapat dibakar dalam format ISO. Jika Anda ingin memulihkan data menjadi gambar ISO, pilih opsi ini, tentukan jalur ke file gambar, atur label volume, dan tentukan sistem file. Seperti dalam semua kasus lainnya, Anda akan memiliki opsi untuk mengganti karakter yang hilang dalam nama file dan mempertahankan struktur folder asli.


Pada titik ini, alat ini memungkinkan pratinjau file dan folder yang dipilih untuk pemulihan sekali lagi. Anda sekarang dapat mengganti nama file jika diperlukan. Klik "Create" untuk menyelesaikan proses.


Mengunggah File ke Server FTP

Unggahan FTP berguna saat Anda memiliki lebih banyak data untuk dipulihkan daripada penyimpanan yang tersedia secara lokal, atau jika Anda melakukan pekerjaan pemulihan data untuk klien jarak jauh. Anda dapat mengonfigurasi alat untuk secara otomatis mengunggah informasi yang dapat dipulihkan ke server jauh melalui protokol FTP. Anda dapat mengatur opsi untuk secara otomatis mengembalikan struktur folder asli atau cukup mengunggah semua file ke dalam satu folder.


Untuk memulai unggahan FTP, tentukan nama server dan nomor port FTP yang benar, login dan kata sandi, lalu pilih lokasi jarak jauh untuk menyimpan data yang dapat dipulihkan. Ada opsi untuk menyimpan kata sandi, mengaktifkan login otomatis saat Anda menggunakan fitur ini lagi.