Spesifikasi PC Gaming Yang Digunakan Untuk Streaming - Almaftuchin Blog

Spesifikasi PC Gaming Yang Digunakan Untuk Streaming

Spesifikasi PC Gaming Yang Digunakan Untuk Streaming

 


Hi guys, sebelumnya, terima kasih Kopi hangatnya ya~! Jika belum ngasih aku kopi, silahkan beri aku segelas kopi DISINI


Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang "Alat Apa Saja Yang digunakan Untuk Streaming atau Recording"


Pada kali ini aku mau berbagi list apa saja yang aku gunakan ketika aku recording ataupun streaming di Youtube. Dan kali ini aku mau berbagi yang aku gunakan selama ini dan yang pastinya harganya terjangkau guys!


1. Spesifikasi PC

Hal yang pertama kebutuhan streaming pastinya PC dong ya atau Personal Computer. Laptop juga tidak masalah. Nah PC gaming yang aku gunakan yaitu dengan spesifikasi berikut:

  • Monitor: LG 24MP88HM 24" & LG LG 24MK600M 24" + Bracket (Total Rp 5jt-an)
  • Keyboard: HP GK-100 (Rp 299.000)
  • Mouse: Uwfy, Merk Tidak terkenal yang penting nyaman (Rp 200 ribu-an)
  • Processor: Intel Core i5 Coffelake 9400F (Rp 2jt-an)
  • Graphic: Nvdia RTX 2060 Ti (Rp 5,9 jt-an)
  • Storage: Apacer AS340 240GB (Rp 600 ribu-an), Western Digital HDD 1 TB (Rp 500 ribu-an), Seagate HDD 2TB (Rp 900 ribu-an)
  • Case AbkoNCore (Rp 800 ribu-an)
  • RAM Corsair 16 GB DDR 4 (Rp 2 jt-an)
  • CPU Cooling 6 pin, lupa merknya (Rp 400 ribu-an)
  • Case Cooling Alseye 4 in 1 Kit Fan Halo 5.0 (Rp 345.000)
  • Mousepad Xiberia (Rp 100 ribu-an)


2. Microphone (buat ngobrol)

Nah kebutuhan yang kedua yaitu Mic, biar kita bisa ngobrol sama temen atau ngomong sendiri saat recording sendirian.


Kali ini mic yang aku gunakan yaitu BM-900 aku beli seharga sekitar Rp 400 ribu-an per pcs di Bukalapak sebanyak 2 item. Kenapa 2 item? Karena kadang aku juga mabar sama Yenni di youtube jadi biar voicenya sama-sama masuk di video jadi aku pake 2 mic.


3. Webcam (Biar wajah 8bitnya kelihatan)

Webcam yang aku gunakan juga sebanyak 2 pcs dengan alasan seperti diatas, ketika aku lagi mabar sama Yenni, karena mejanya jejeran jadi ya harus pake Webcam juga biar semua wajah aku dan Yenni kelihatan. Webcam yang aku gunakan yaitu:

  • Canon EOS 200 D Bekas + Perkabelan (Rp 9 juta-an)
  • NYK Nemesis A-90 Everest (Rp 400 ribu-an)


4. Ring Light (Biar wajah agak glowing)

Karena sebenernya kulitku agak sedikit gelap jadi aku juga perlu pake Ring Light sebanyak 2 pcs agar wajah bisa terlihat saat recording ataupun streaming. Ring Light yang aku gunakan yaitu Ring Light murahan guys yatu Midio 26 cm sebanyak 2 pcs, untuk harga totalnya kira kira ya Rp 300 ribuan (karena dapet diskon)


5. Speaker (Buat dengerin musik)

Nah ini juga penting guys, karena game tanpa speaker kurang seru. Tapi kali ini aku juga pake speaker yang murahan guys aku beli di toko offline dengan harga sekitar Rp 280 ribu-an lah. Lumayanlah daripada  gak ada speaker yang penting keluar suara aja deh. Speaker ini juga udah oke buat main game. Gak perlu yang mahal-mahal guys karena secara fungsi juga sama kan yak!


6. Headset (Buat dengerin yang aduhai biar gak ketahuan istri)

Headset yang aku pake juga headset murah tapi kualitas jos gandos, yaitu Armageddon Nuke 13R untuk harga pada waktu itu Rp 279.000


7. Gamepad (Buat main game)

Nah gamepad ini fungsinya buat main game-game yang butuhin gamepad seperti misalnya mau mainin game-game di emulator Playstation atau game-game yang butuhin gamepad seperti It Takes Two, Minecraft Dungeon, dll.


Gamepad yang aku pake juga 2 guys yaitu:

  • Easy SMX ESM-9110 (Rp 400 ribu-an)
  • Easy SMX KC-8236 (Rp 500 ribu-an)


8. Stand Holder Phone (Buat Naruh Hape)

Nah ini juga lumayan penting karena buat naruh hape di depan layar monitor biar bisa baca komentar kalian ketika aku lagi streaming, atau sekedar liat-liat notif. Harga holder ini sekitar Rp 50 ribu-an, murah tidak masalah yang penting fungsinya.


9. Kursi Kantor / Direktur (Buat duduk nyaman)

Kalo kebutuhan yang lain udah ada tapi kalo gak ada kursi gimana mau main game ya kan hehe. Kali ini aku gak pake kursi gaming yang seperti dipake sama Youtuber guys karena aku ngerasa kalo kursi gaming itu selain kecil dan juga harganya yang sangat tinggi, jadi aku beli 2 Kursi Direktur merk Brother masing-masing dengan harga Rp 950 ribu dan Rp 750 ribu dan tentunya gratis ongkir karena masih dalam satu kota hehe. Aku belinya di toko mebel gaes bukan di toko online hehe.


Oke gaes mungkin sekian dulu tulisan ini dibuat hanya untuk sekedar berbagi dan rekomendasi buat kalian untuk kebutuhan content creator dengan budget minim sepertiku.


Jangan lupa follow dan subscribe aku di:


Oiya untuk perlengkapan diatas, aku gak beli semuanya secara langsung ya, tapi beli nyicil dari satu per satu karena kan juga butuh kumpulin cuan buat beli sesuai kebutuhan.


Semoga tulisan ini bermanfaat dan bisa menjadikan inspirasi dan jangan lupa untuk terus berkarya.


Semoga bermanfaat.