15 Hal Yang Harus Diketahui Saat Memulai Berjualan - Almaftuchin Blog

15 Hal Yang Harus Diketahui Saat Memulai Berjualan

15 Hal Yang Harus Diketahui Saat Memulai Berjualan


Maraknya dunia teknologi tidak lepas dengan yang namanya keuangan baik itu untuk sarana jual ataupun beli. Saking pesatnya teknologi berkembang, tidak sedikit juga muncul ribuan orang memulai bisnis baru mereka.


Nah pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit pengetahuan serta pengalaman pribadi tentang bisnis berjualan. Hal-hal dibawah ini yang perlu diketahui para calon penjual agar dagangan cepat laku yaitu:


1. Nama Toko Mudah Di Ingat

Menurut saya nama sebuah toko adalah hal pertama yang sangat sakral dimana nama toko bisa berpengaruh dalam strategi marketing. Buatlah nama toko yang mudah di ingat, simpel namun memiliki banyak maknya. Sebagai contoh jika anda menjual produk tas, buatlah nama toko yang nyerempet produk tersebut. Misalnya Baggie. Simpel, jelas, dan mudah di ingat. Selain itu, jika suatu waktu nama toko anda naik daun, maka para pembeli-pembeli anda akan sangat mudah mengingat nama toko anda. Bahkan tidak hanya sampai disitu, bisa jadi nama toko anda bisa menjadi sebuah perusahaan yang besar. Jadi tetapkan nama toko anda baik-baik.


2. Sistem Penjualan

Hal ini juga penting bagi para penjual online, bagaimana proses penjualan mulai dari menawarkan produk, pembelian, hingga pengiriman barang agar sampai ke tangan pembeli dengan selamat.


3. Jenis Produk

Jenis produk dimaksud adalah apakah anda menjual jasa, produk fisik atau produk digital. Jangan membuat toko dengan menjual semua jenis produk tersebut dikarenakan pembeli akan kebingungan sebenarnya produk apa yang anda jual?


4. Stok Produk

Selain menjual, pastikan stok selalu tersedia agar tidak ada calon pembeli pindah ke toko lain. Selain itu stok yang selalu ready, pasti akan lebih banyak mendapat pesanan dibanding sent by order. Produk dengan status Pre-Order sebenarnya sah-sah saja, namun demikian, pembeli akan memilih toko dengan produk dengan Pre-Order kurang dari 3 hari. Dengan pengecualian, produk-produk besar seperti custom lemari, custom dipan, dll.


5. Sumber Produk

Sumber produk ini dimaksudkan apakah produk yang anda jual adalah hasil produksi sendiri, reseller, atau dropship. Hal ini juga dapat mempengaruhi nilai toko yang akan anda buat. Sesuaikanlah estimasi waktu kapan produk akan di kirim ke pembeli anda sesuai dengan kesepakatan.Selain hal tersebut,  nantinya jika ada salah satu produk yang bermasalah, maka pertanyaannya mau dipertanggung jawabkan kesiapa produk tersebut?


6. Pengiriman Produk

Inilah yang menjadi momok bagi para penjual setelah melakukan pengiriman produk dari penjual menujul pembeli. Pilihlah kurir yang tepat, aman dan amanah. Jika saat ini anda telah melakukan penjualan dan menemukan jasa kurir yang terlambat, tinggalkanlah kurir tersebut dan ganti dengan kurir yang lebih baik. Selain itu carilah biaya yang lebih murah namun terpercaya. Jika tarif pengiriman sama rata, pilihlah yang terpercaya, meskipun sedikit mahal, tetapi 99% pembeli akan menilai produk yang dibeli dari kecepatan pengiriman.


7. Biaya Ongkos Kirim

Berbicara soal penjualan tidak lepas dari yang namanya ongkir. Hal ini juga harus perlu direncanakan sebelum memulai sebuah bisnis. Apakah biaya ini nantinya akan ditanggung pembeli atau akan menjadi tanggungan penjual.


8. Tanggung Jawab

Setelah semua pesanan anda telah dikirimkan, jangan bersantai dulu, karena anda masih memiliki tanggung jawab terhadap produk-produk yang anda kirimkan. Berikanlah garansi beberapa hari untuk produk tersebut agar pembeli-pembeli anda merasa senang.


9. After-Sales

After sales atau purna jual juga berhubungan dengan poin nomor 7 yaitu tanggung jawab. Hal ini akan dikaitkan dengan kondisi produk saat diterima oleh pembeli anda. Serta jika ada barang yang cacat produk bagaimana proses after sales dari anda, apakah anda akan memberikan penggantian gratis, memberikan kompensasi, atau akan masa bodoh dengan hal itu. Ini adalah hal yang benar-benar harus anda pikirkan dengan matang. Dimana pembeli dapat memberikan nilai ke toko anda hanya karena anda tidak memberikan solusi yang tepat.


10. Kecepatan Respon

Kecepatan respon juga akan memberikan dampak bagi penjualan di toko anda. Semakin cepat respon anda kepada calon pembeli, maka peluang untuk cuan juga semakin besar. Responlah calon pembeli ataupun yang telah membeli dengan sesegera mungkin setelah jam toko anda buka. Dan gunakanlah kalimat yang jelas dan sopan. Jangan gunakan kalimat yang disingkat-singkat misalnya "Silahkan di CO kak", "Mohon maaf saat ini stok sdg hbs", "Silahkan lakukan trf melalui bank" dll.


11. Ulasan Toko

Jika pembeli telah menerima produk dari anda, jangan lupa ingatkan mereka untuk memberikan nilai kepada toko anda. Jika perlu berikan bonus sesuatu setelah mereka membuat ulasan terbaik. Hal ini akan berdampak pada peningkatan reputasi toko anda dengan cepat dikarenakan setiap pembeli pasti menginginkan sebuah bonus.


12. Promosi Toko

Anda dapat memberikan umpan ke calon pembeli menjadi pembeli aktif di toko anda dengan memberikan promo. Toko yang sudah besar tidak akan lepas dengan yang namanya promo, begitu juga untuk toko yang sedang memulai bisnisnya. Berikanlah promo menarik tetapi tetap perhitungkan biaya yang dikeluarkan, jangan sampai anda melakukan promosi tetapi justru malah bangkrut. Sebagai contoh berikanlah promosi Beli 2 Gratis 1.


13. Media Promosi

Masih dalam hal promosi, dimana anda akan membuat promosi produk? Apakah secara offline atau online. Namun anda dapat membuat promosi dikeduanya, misalnya dari mulut ke mulut atau melalui sosial media, atau dengan membuat toko online anda sendiri.


14. Lokasi Toko

Jika anda memiliki toko fisik, ada baiknya jika ada pembeli anda yang menanyakan lokasi toko fisik anda, maka berikanlah lokasi yang tepat. Siapa tahu pembeli anda akan memborong produk anda. Mengenai lokasi fisik, jika anda melakukan sewa bangunan, carilah yang dipinggir jalan dengan kondisi yang ramai. Namun jangan berharap jika anda berjualan di pinggir jalan tol bakalan ramai ya.


15. Toko Offline atau Online

Masih membahas lokasi toko, jika anda hanya menjual secara online, sangat disarankan anda membuat toko online secara mandiri dan dikelola sendiri. Karena hal ini juga akan menjadi nilai agar toko anda semakin meraup cuan. Saya akan membahas membuat toko online pada artikel selanjutnya.


Nah itulah hal-hal yang perlu diperhatikan saat akan memulai berjualan sebuah produk. Jika masih ada kekurangan pada tulisan diatas, silahkan berikan komentar kalian.


Semoga bermanfaat.