Cara Memeriksa Apakah Disk Menggunakan MBR Atau GPT - Almaftuchin Blog

Cara Memeriksa Apakah Disk Menggunakan MBR Atau GPT

Cara Memeriksa Apakah Disk Menggunakan MBR Atau GPT

 


Versi modern Windows dan sistem operasi lain–dapat menggunakan Master Boot Record (MBR) yang lebih lama atau GUID Partition Table (GPT) yang lebih baru untuk skema partisi mereka. Berikut cara memeriksa disk mana yang menggunakan dan mengonversi di antara keduanya.


Ini hanyalah cara berbeda untuk menyimpan tabel partisi pada drive. GPT lebih modern, dan diperlukan untuk mem-boot sistem Windows dalam mode UEFI. MBR diperlukan untuk mem-boot sistem Windows lama dalam mode BIOS, meskipun Windows 7 versi 64-bit juga dapat mem-boot dalam mode UEFI.


Cara Memeriksa Tabel Partisi Yang Digunakan Disk Anda

Untuk memeriksa tabel partisi mana yang digunakan disk Anda, Anda memiliki dua opsi: Anda dapat menggunakan alat Manajemen Disk grafis Windows, atau Anda dapat menggunakan baris perintah.


Cara 1: Gunakan Alat Disk Management

Anda dapat melihat informasi ini di alat Disk Management yang disertakan dengan Windows. Untuk mengaksesnya, klik kanan menu Start atau tekan Windows + X dan pilih “Disk Management.” Anda juga dapat menekan Tombol Windows + R untuk membuka dialog Run, ketik "diskmgmt.msc" ke dalam kotak, dan tekan Enter.

Pilih disk yang ingin Anda periksa di jendela Manajemen Disk. Klik kanan dan pilih "Properties."



Cara 2: Menggunakan CMD

Anda juga dapat memeriksa menggunakan perintah diskpart standar di jendela Command Prompt. Pertama, luncurkan jendela Command Prompt sebagai Administrator dengan mengklik kanan tombol Start atau menekan Windows + X dan memilih "Command Prompt (Admin)." Anda juga dapat menemukan pintasan Command Prompt di menu Start, klik kanan, dan pilih "Run as Administrator."


Ketik dua perintah berikut, tekan Enter setelah masing-masing perintah:

diskpart


list disk

Anda akan melihat tabel yang mencantumkan disk yang terhubung. Jika disk adalah GPT, maka akan memiliki tanda bintang (atau karakter *) di bawah kolom "GPT". Jika itu adalah disk MBR, maka akan tidak akan ada tanda * pada kolom GPT.


Misalnya, pada tangkapan layar di bawah, Disk 0 dan Disk 1 keduanya adalah disk GPT, sedangkan Disk 2 adalah disk MBR.



Nah itulah 2 Cara Untuk mengetahui jenis disk yang digunakan apakah menggunakan MBR atau GPT. Silahkan coba di praktekkan dan bagaimana hasilnya.


Semoga bermanfaat.