Kumpulan Command di PowerShell Yang Mungkin Berguna - Almaftuchin Blog

Kumpulan Command di PowerShell Yang Mungkin Berguna

Kumpulan Command di PowerShell Yang Mungkin Berguna

 


Windows PowerShell adalah pusat otomatisasi tugas dan manajemen sistem. Ini membantu Anda menyelesaikan sesuatu dengan bantuan baris perintah dan bahasa skrip. Dari semua hal keren yang dapat Anda lakukan dengan cmdlet PowerShell, ada beberapa perintah yang menonjol. Faktanya, ini adalah perintah yang tanpanya menggunakan PowerShell tidak akan menjadi pilihan yang baik untuk administrasi sistem. Jadi mari kita lihat apa perintah itu.


1. Get Help

Apakah Anda menemukan diri Anda terjebak dalam menggunakan PowerShell di suatu tempat? Jika itu masalahnya, maka perintah Get-Help dapat menyelamatkan Anda dari situasi tersebut. Pada dasarnya, perintah Get-Help menempatkan semua perintah, dan kemudian membantu Anda menggunakan perintah tersebut. Anda dapat menggunakan perintah Get-Help dengan cara berikut:


Luncurkan PowerShell, ketik 'get-help' dan tekan Enter. Segera setelah Anda melakukannya, Anda akan melihat semua detail tentang perintah Get-Help.



Demikian pula, jika Anda tidak yakin tentang suatu perintah, Anda cukup mengetikkan perintah itu bersama dengan Get-Help untuk mendapatkan informasi tambahan tentangnya. Begini caranya:

Get-Help -Name Get-EventLog


2. Get-Process

PC Anda menjalankan sejumlah proses di latar belakang pada waktu tertentu. Jika Anda ingin mengetahuinya untuk alasan tertentu, maka Anda dapat menggunakan perintah Get-Process untuk mendapatkan ide yang cukup baik. Inilah cara Anda dapat memulai:

PS C:\ Get-Process

Saat Anda mengetikkan perintah di atas dan menekan Enter, Anda akan mendapatkan gambaran umum tentang semua program yang berjalan di PC Anda.




3. Stop-Process

Karena kita berada di topik proses, mari kita lihat cmdlt Stop-Process juga. Bukan hal yang aneh jika proses acak menyerah pada Anda saat Anda menjalankan PC Anda. Dalam kasus tersebut, menjadi penting untuk menghentikan proses ini dengan bantuan perintah Stop-Process.


Inilah cara Anda dapat menghentikan suatu proses:

PS C:\> Stop-Process -Name "explorer"

Dalam contoh ini, kami menghentikan Windows File explorer melalui Stop-Process.



4. Get-History

Perintah Get-History menampilkan daftar perintah yang digunakan dalam sesi tepat untuk Anda. Dengan bantuannya, Anda bisa mendapatkan ide tentang semua perintah yang Anda gunakan dalam satu sesi.

Cukup buka PowerShell, ketik 'Get-History' dan tekan Enter:

Get-History

Seperti yang Anda lihat, sejauh ini, kami telah menjalankan powershell_ise.exe dan membantu perintah di PowerShell kami.



5. Export CSV

Perintah Ekspor CSV berguna saat Anda ingin mengekspor beberapa data PowerShell penting ke CSV. Pada dasarnya, ini bekerja dengan mengubah objek PowerShell Anda (yang pada dasarnya adalah kuantitas sesuatu) menjadi serangkaian string, dan menyimpannya dalam file CSV. Inilah cara Anda menjalankan perintah ini:

Get-Service | Export-CSV c:\service.csv


6. Get-Command

Jika Anda ingin mendapatkan ide cepat tentang berbagai perintah dan jenis yang diinstal pada PC Anda, Anda tidak bisa salah dengan Get-Command. Cukup ketik 'Get-Command' di PowerShell dan tekan Enter. Anda akan mendapatkan gambaran umum singkat tentang semua fungsi, cmdlet, skrip, atau alias yang diinstal pada PC Anda.

Get-Command



Perintah PowerShell yang mungkin berguna

PowerShell memiliki banyak sekali perintah untuk dicoba. Microsoft memiliki seluruh daftar perintah yang dapat Anda periksa.

Semoga bermanfaat.