Pengalaman Membuat Website Toko Online Bersama Domainesia - Almaftuchin Blog

Pengalaman Membuat Website Toko Online Bersama Domainesia

Pengalaman Membuat Website Toko Online Bersama Domainesia


Pada artikel sebelumnya saya pernah membahas 15 hal yang harus diketahui saat memulai berjualan. Nah artikel kali ini masih ada hubungannya pada artikel sebelumnya yaitu pada poin 15 tentang toko offline atau online. Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang toko online, karena banyak sekalii yang kurang paham dengan makna dari toko online.


Nah toko online yang saya maksud disini adalah membuat website toko online mandiri (bukan menginduk dengan marketplace lain) seperti layaknya toko offline hanya saja bisa dikerjakan secara online mulai dari memilih produk, menghubungi pemilik toko, hingga melakukan pembayaran, semuanya dikerjakan secara online atau daring.


Pada umumnya pengetahuan tentang toko online hanyalah sebatas menjual suatu produk di media sosial atau marketplace. Namun tahukah anda bahwa anda juga bisa membuat toko online anda sendiri tanpa menginduk pada suatu perusahaan marketplace.


Apa saja yang perlu dipersiapkan jika ingin membuat website toko online?

Hal-hal dibawah ini akan saya bahas tuntas semua hal yang diperlukan saat membuat toko online.


1. Pilih Penyedia Layanan Hosting Yang Handal

Sudah banyak sekali penyedia layanan hosting ataupun VPS di Indonesia, dengan harga yang bersaing namun disatu sisi yang menjadi momok adalah uptime server layanan tersebut. Apakah bisa di andalkan atau tidak. Hampir semua penyedia layanan hosting memberikan penawaran uptime server 99,99% namun dibalik itu semua, tidak ada yang namanya 100% uptime, karena server pasti membutuhkan maintenance. Nah untuk penyedia layanan hosting dan VPS, situs ini menggunakan layanan dari Domainesia. Setelah sebelumnya saya gonta ganti layanan hosting dan dirasa kurang cocok akhrinya saya menemukan Domainesia hingga sekarang. Anda bisa memantau secara langsung uptime server mereka pada halaman ini.

Kenapa Harus Domainesia?

Alasannya sederhana saja, Domainesia memberikan server dengan performa yang luar biasa. Selain itu jika anda memiliki masalah dengan website anda, anda cukup gunakan fitur Live Chat yang ada pada situs Domainesia. Dan dengan segera tim dari Domainesia akan melayani anda selama 24/7. Selain mendapat bantuan dari Customer Service yang ramah. Anda juga bisa meminta bantuan langsung untuk membenarkan website anda yang error.


Fitur Yang Ditawarkan Domainesia

Domainesia memberikan berbagai fitur yang nantinya bisa kamu gunakan tanpa perlu membayar lagi:

  1. cPanel
  2. DNS Management
  3. SSL Gratis
  4. Domain Gratis Selamanya
  5. Diskon Selamanya
  6. Epicpoint

Apa Saja Yang Ditawarkan Domainesia?
  1. Penyedia pendaftaran domain baru atau migrasi domain
  2. Hosting khusus untuk Wordpress
  3. Cloud VPS
  4. Email Hosting
  5. Customer Service 24 jam setiap hari
  6. Uptime server 99,99%
  7. Auto Deploy Website
  8. Softaculous
  9. Dan masih banyak lagi


2. Memilih Paket Hosting

Setelah memilih Domainesia sebagai penyedia hosting terbaik yang handal, saatnya anda menentukan pilihan paket hosting yang sesuai kebutuhan. Harganya sangat terjangkau mulai dari yang termurah Rp 20.000 per bulan hingga Rp 700.000 perbulan untuk yang termahal. Jika masih diarasa terlalu mahal, saya akan bagikan kode promo diskon selamanya dibawah ini

Diskon Hosting 30% Selamanya :

Kode Voucher: ALMAFTUCHIN HOSTING

Diskon Cloud VPS 30% Selamanya:

Kode Voucher: ALMAFTUCHIN VPS


Setelah anda memilih paket hosting tersebut, saat membuat nama domain.

3. Memilih Nama Domain Yang Tepat

Memilih nama domain sama seperti halnya anda memberikan nama ke bayi yang baru lahir atau hewan peliharaan anda. Dimana nama domain ini sangat penting karena dapat mempengaruhi kinerja marketing dan hasil pencarian di Google nantinya. Berikanlah nama domain anda jangan terlalu panjang, namun mudah di ingat. Sebagai contoh jika anda menjual produk tas, bisa menggunakan nama domain baggie.com, mybag.com, dll. Jangan memberikan nama domain anda dedngan diikuti merk terkenal, karena bisa berakibat nama domain anda disuspend atau dihentikan. Seperti misalnya memberikan nama domain dengan merk Luis Vuitton, Gucci, dll. Gunakanlah nama pilihan anda sendiri yang mana nantinya nama tersebut adalah brand anda.

4. Mulai Membuat Toko Online

Katanlah anda telah memilih Hosting dan Nama Domain untuk situs anda dan telah melakukan pembayaran. Sekarang saatnya memulai membuat toko online anda. Banyak sekali template-template berkeliaran di Google untuk membuat toko online namun di Domainesia sendiri telah menyediakan fitur yang namanya Softaculous. Fitur ini memberikan anda pilihan banyak template untuk website anda mulai dari Blog, Toko Online, Forum, dll. Anda bisa memilih sesuai kebutuhan hanya dalam hitungan menit saja. Pada hal ini anda bisa memulainya dengan memilih Wordpress ditambah plugin Woocommerce. Namun anda juga memilih platform lain seperti Magento, Bagisto, Prestashop, dll. Namun saya sarankan untuk menggunakan Wordpress serta plugin Woocommerce, karena selain tampilan yang mudah dioperasikan serta keamanan. Wordpres memiliki berbagai fitur yang bisa dibilang lengkap karena adanya plugin dan template yang bisa dipilih baik itu yang gratis ataupun berbayar.


5. Memilih Template Woocommerce

Setelah anda menginstal Wordpress dan Plugin Woocommerce pada hosting anda, saatnya anda memilih template untuk situs anda. Pilihlah template yang bersih, mudah digunakan dan dengan kecepatan loading yang cepat. Anda bisa memilih desain toko online anda dari berbagai sumber seperti misalnya Envato Market. Penting untuk diketahui, janganlah menggunakan template dan plugin versi Nulled atau versi bajakan. Karena akan membahayakan toko online anda dari pencurian data.


6. Memilih Payment Gateway

Nah payment gateway ini dimaksudkan agar calon pembeli anda dapat melakukan pembayaran secara langsung dengan mudah tanpa ribet. Pada plugin Woocommerce sendiri telah memberikan fitur secara gratis yaitu pembayaran melalui Paypal, Bank Transfer dan COD. Namun jika anda dirasa kurang, anda bisa memilih Payment gateway lainnya yang mana dapat digunakan pada Woocommerce. Seperti misalnya Payment Gateway dari Duitku atau Tripay. Dengan payment gateway tersebut anda bisa menerima pembayaran dari segala jenis pembayaran baik itu transfer bank ataupun menggunakan kartu kredit. Sehingga anda tidak perlu membuka rekening ATM untuk semua bank yang ada di Indonesia.

7. Plugin Tambahan

Ada beberapa rekomendasi plugin dari saya agar website toko online anda semakin banyak pengunjung bahkan membuat pesanan baru seperti Jetpack, Jetpack Boost, WP Rocket, dan Yoast SEO. Plugin diatas akan menambahkan performa website toko online anda lebih cepat dan memungkinkan website anda muncul di halaman pencarian Google.


8. Memulai Menambahkan Produk

Anda bisa memulai menambahkan produk melalui plugin Woocommerce yang ada pada bilang samping kiri, anda bisa menambahkan mulai dari Judul, Deskripsi, Rincian, Gambar Produk, serta Pembayaran disana.


9. Mulai Mempromosikan Website Anda

Setelah semuanya siap launching, anda dapat membagikan url atau alamat situs anda kepada teman, keluarga atau dengan membuat iklan agar penjualan anda maksimal. 


Nah itulah persiapan-persiapan serta langkah-langkah pembuatan toko online bersama Domainesia. Jika pada artikel diatas masih ada kekurangan akan saya tambahkan dikemudian hari.


Semoga bermanfaat.